Awas! Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesuburan Organ Kelamin

Awas! Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesuburan Organ Kelamin - Pada sebuah studi baru telah menunjukan adanya peningkatan kasus infertilitas pada pria yang sering menggunakan telepon seluler seperti yang dirilis oleh Pusat Penelitian Reproduksi di Klinik Cleveland di Ohio.

Awas! Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesuburan Organ Kelamin


Dan dari empat kriteria kualitas sperma yang diteliti, yaitu jumlah sperma, motilitas, viabilitas, dan penampilan, telah diketahui bahwa mereka yang melakukan percakapan melalui ponsel selama 4 jam pada setiap harinya memiliki hasil yang jelek pada keempat kriteria sperma tersebut.

Karna pada faktanya hanya sperma yang berkualitas saja (seperti empat kriteria tersebut) yang mampu membuahi sel telur dan menyebabkan kehamilan pada istri. Dan bila adanya gangguan pada sperma akan mengganggu fungsi reproduksi pria.

Pada sebuah penelitian yang dipimpin oleh Profesor Ashok Agarwal, membagi 360 pria peserta penelitian yang dibagi kedalam tiga kelompokk yaitu kelompok pria yang sama sekali tidak pernah menggunakan ponsel, kemudian kelompok pria yang menggunakan ponsel kurang dari 2 jam setia hari dan yang terakhir adalah kelompok pria yang aktif memakai ponsel minimal empat jam setiap hari.

RADIASI PONSEL MENGURANGI JUMLAH SPERMA


Hasil penelitian yang sangat mengejutkan dan bahkan membuktikan adanya hubungan durasi penggunaan ponsel dengan tingkat kesuburan pria. Karna ketika dibandingkan dengan kelompok pria yang tidak pernah menggunakan handphone, kelompok pria yang paling aktif dalam penggunaan handphone mengalamai penurunan jumlah sperma sebanyak 25% dan mengalami penurunan 30% kemampuan sperma untuk berenang.

Dan masih dengan perbandingan yang sama, pria yang menggunakan handphone lebih dari 4 jam sehari juga memiliki bentuk sperma yang tidak normal dan memiliki tampilan sperma yang menurun 50% yang mungkin tentu saja sangat jauh dari kriteria sperma yang dipersyaratkan.

Hasil pada penelitian ini adalah penjelasa masuk akal dari pertanyaan yang membuat bingung para peneliti selama ini perihl mengapa para pria inggris mengalami penurunan jumlah sperma sebanyak 29% pada 10 tahun terakhir ini.

Jadi guys, dengan adanya hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pengguaan handphone dan perangkat mobile lainnya tidak bisa dan tidak pasti memiliki hubungan dengan tingkat infertilitas pria dan menjadi salah satu penyebebab kualtias sperma menajadi buruk yang mungkin pada akhirnya akan menyebabkan kemandulan.

Studi yang telah dilakukan pada hewan menunjukan bahwa sel sel di testis sangat rentan terhadap paparan radiasi lemah dari ponsel. Radiasi non-ionisasi yang dikeluarkan ponsel membuat sel sel menjadi lebih panas sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

"Jadi apa sih solusi yang harus dilakukan?" 

Mungkin bagi sebagian pria kebingungan, dengan hal yang harus dilakukan untuk menyikapi hasil penelitian tersebut? Karna di satu sisi mereka tentunya ingin mempertahakan kesuburan mereka tapi disisi lain juga ninggalin handphone sama sekali tentu saja adalah hal yang tidak mungkin juga karna menyangkut pekerjaan atau bahkan aktifitas sehari hari.

Dan berikut adalah beberapa solusi singkat untuk mengatasi hal tersebut :
Bagi para pria, yaaa khususnya bagi anda yang sedang berada di usia subur ada baiknya juga untuk mengambil langkah langkah dengan mengurangi eksposur radiasi ponsel sebanyak mungkin.


  • Gunakanlah handphone seperlunya dan selama waktu yang dibutuhkan juga. Tetapi untungnya pada zaman sekarang beberapa produsen handphone menawarkan ponsel yang dirancang untuk mengurangi jumlah radiasi yang dilepaskan selama digunakan.
  • Hindari penggunaan wifi jika tidak diperlukan.
  • Dan yang terakhir jangan pernah anda menyimpan handphone disaku dekat pangkal paha. Hal ini dikarenakan penyimpanan handphone pada pangkal paha akan meningkatkan suhu didaerah sensitive tersebut yang menyebabkan kerusakan sel secara permanen.
  • Di era zaman sekarang ini sudah hampir satu miliar orang saat ini yang menggunakan ponsel di seluruh dunia, makanya dari itu resikko terpapar radiasi rendah secara terus menerus yang dipancarkan oleh masing masing perangkat ditambah dengan radiasi dari menara dan jaringan nirkabel disetiap daerah akan semakin meningkat.


Bagi para pria dan juga wanita pengguna handphone tentunya anda perlu mengambil langkah langkah untu melindungi diri mereka sendiri untu mengurangi dampak negatif penggunaan ponsel. Sekian tips kali tentang Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesuburan Organ Kelamin. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih


0 Response to "Awas! Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesuburan Organ Kelamin"

Posting Komentar

wdcfawqafwef